get app
inews
Aa
Read Next : 2 Warga Simalungun Diringkus Petugas Pos Yan Exit Tol Lima Puluh

Cakades Ute Kamel: Tak Sangka Ratusan Warga Antarkan Pendaftaran Cakades

Rabu, 07 September 2022 | 17:56 WIB
header img
Foto, Ratusan warga Desa Empat Negeri Antarkan Cakades Jagoannya pendaftaran ke Kantor Balai Desa Empat Negeri. iNewsAsahanRaya.id/Fadly Pelka.

BATU BARA, iNewsAsahanRaya.id - Ratusan massa mengantarkan Kamaluddin alias Ute Kamel mendaftar sebagai calon Kepala Desa (Cakades) Empat Negeri, Kecamatan Datuk Lima Puluh, Kabupaten Batubara, Sumatra Utara, Selasa (6/9/22).

Para pendukung terpantau berkumpul dirumahnya Ute Kamel sejak pukul 08.00 Wib. Sebelum berangkat mendaftar ke Balai Desa, Cakades menggelar doa bersama, dilanjutkan sungkem kepada family dan wargan sekitar rumahnya.

Dalam barisan yang mengantarkan untuk pendaftaran nampak kelompok ibu-ibu rumah tangga dari empat Dusun Desa Empat Negeri. Dusun 2 Titi Putih, Dusun 1 Kampung Benteng, Dusun 6 Gelugur dan Dusun 7 Kampung Terap. Massa yang datang tersebut memakai blangkon dan capil ikut mengawal dan memadati kantor balai desa setempat.

Tokoh masyarakat Dusun 7, Riduan Akbar mengatakan, ratusan warga yang ikut mengiring pendaftaran Cakades Ute Kamel murni keinginan masyarakat.

"Kami tidak menyangka antusias ratusan warga yang ikut mengawal pendaftaran hari ini. Tadi rencana kami hanya beberapa orang saja, tapi hari ini luar biasa, ini bukti cintanya masyarakat yang ingin perubahan di desa, semua berjalan alami," ujar Akbar.

Setibanya di Balai Desa Empat Negeri, Ute Kamel langsung mendatangi meja Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) menyerahkan berkas pendaftaran.

Berkas yang diserahkan diterima Ketua Panitia Pilkades Ade Musliadi didampingi Sekretaris Mahendra Sudrajat SPd, Sartono dan Nurhayati.

"Berkas yang diserahkan lengkap dan diterima panitia," terang Akbar.

Ketua Panitia Pilkades Desa Empat Negeri, Ade Musliadi menyampaikan, telah menerima berkas pendaftaran calon Kades Kamaluddin alias Ute Kamel dan lengkap sesuai dengan persyaratan.

"Mana tau ada sesuatu hal administrasi yang kurang dan perlu diperbaiki. Kedepannya sesuai tahapan, kami akan sampaikan," kata Ade Musliadi.

Menurutnya, setelah penerimaan berkas selaku panitia akan menyerahkan seluruh berkas calon Kades ke Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Batubara.

"Sampai hari ini ada dua orang Cakades yang mendaftar. Hari ini yang daftar Cakades Ute Kamel," terang Ade.

Usai mendaftar, Ute Kamel mengaku tidak menyangka ada ratusan warga yang mengantarkan pendaftaran. Pada Pilkades Periode 2022-2028 dan mempunyai tekad memperbaiki desa sesuai keinginan masyarakat.

Terpisah, Pemuka masyarakat Dusun 1 Desa Empat Negeri, Mhd Khaidir Basrah mengapresiasi gerakan kebersamaan yang di bangun masyarakat yang terlihat kompak mengantarkan calon Kades yang disenangi.

"Ini membuktikan masyarakat tau arah perubahan untuk membuat desa lebih baik sesuai tatanan pemerintah sebenarnya. Kita yakin ditangan Ute Kamel bisa menumbuhkan semangat masyarakat dalam peningkatan program pemberdayaan masyarakat dan generasi muda dalam kegiatan sosial, keagamaan dan keterampilan dan bertanggungjawab untuk mewujudkan Pemerintah Desa Empat". Negeri bermartabat,"ungkapnya.

Editor : Mohd Fadly Pelka

Follow Berita iNews Asahanraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut