get app
inews
Aa Read Next : Aslam Dikerumuni Emak-Emak Gegara Ini

Memalukan! Kabel Fiber Optik Bukan Dipasang Ditiang, Malah Ditempel di Pohon Pinang

Minggu, 02 Juli 2023 | 16:21 WIB
header img
Foto, Pengawas Lapangan (bawah kanan baju hitam) diduga pekerja pemasangan Kabel Fiber Optik di pohon pinang milik warga. iNewsAsahanRaya.id/Fadly Pelka.

BATU BARA, iNewsAsahanRaya.id - Pemasangan kabel fiber optik milik salah satu Internet Service Provider (ISP) dihentikan oleh warga, pasalnya pemasangan kabel fiber optik ini bukannya dipasang pada tiang yang layak namun malah di pasang di pohon pinang milik warga setempat.

Tidak hanya itu salah satu pengawas lapangan pemasangan kabel fiber optik ini juga sempat melarang wartawan agar tidak merekam kegiatan ini dengan kamera.

Pemasangan kabel fiber optik milik sebuah perusahaan swasta  Itu  terkesan asal jadi dan diduga dapat membahayakan masyarakat. Pasalnya kabel fiber optik ini bukannya di pasang pada tiang yang layak, namun malah di pasang di pepohonan pinang milik warga tanpa seizin pemiliknya.

Pemasangan kabel ini berlangsung di Desa Pulau Sejuk, Kecamatan Datuk Tanah Lima Puluh, Batu Bara, Sumatera Utara, Minggu (25/06/2023).

Tidak hanya itu salah satu staf Perusahaan itu  juga sempat melarang wartawan ketika merekam video pemasangan instalasi kabel fiber optik tanpa alasan yang jelas.

Padahal jelas tugas wartawan dilindungi oleh undang - undang nomor 40 tahun 1999 tentang kebebasan pers dalam mengumpulkan informasi.

Melihat pemasangan kabel fiber optik ini terkesan asal jadi warga setempat pun akhirnya melarang dan menghentikan pekerja pemasangan kabel fiber optik milik Perusahaan Itu demi kenyamanan warga setempat.

Ketika dikonfirmasi salah satu Pengawas Lapangan PT Icon Plus yang tidak bersedia disebutkan namanya mengatakan bahwa pemasanagan kabel fiber optik pada pepohonan hanya bersifat sementara dengan batas waktu yang belum dapat dipastikan.

Sementara untuk merekam video kegiatan pemasangan kabel fiber optik tidak boleh dilakukan jika tanpa izin dirinya.

"Ini cuma untuk sementara ajanya numpang di pohon karena blm ada tiang, kapan tiangnya datang kami pun belum tau, jangan di videokan bg gak boleh, kalau gak ada izin dari aku gak boleh divideokan," ucap pengawas lapangan tersebut  dengan lantang.

Mewakili masyarakat Iwan Obot mengatakan bahwa pekerjaan pemasangan kabel fiber optik yang dilakukan  tidak sesuai dengan Standard Operasional Prosedur (SOP), sebab pemasangan kabel fiber optik dipasang pad pohon pohonan milik warga.

"gak cocok klen pasang di pohon pinang kek gini, ini Uda gak sesuai dengan SOP, kami pun kuatir kalau nanti kabel ini jatuh sementara kami pun gak tau kabel itu ada apinya atau tidak, karena selama ini banyak kabel - kabel yang jatuh kebawah," ucap Obot.

Selanjutnya warga setempat berharap agar instansi terkait dapat menertibkan pemasangan kabel fiber optik yang terkesan asal jadi seperti ini, karena dinilai sangat meresahkan masyarakat sekitar.

Editor : Mohd Fadly Pelka

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut