get app
inews
Aa Read Next : Satgas TMMD Kodim 0208/Asahan Rehab Rumah Warga Tak Layak Huni

TMMD Edukasi Wawasan Kebangsaan dan Waspada Bencana di Batu Bara

Senin, 26 Februari 2024 | 15:12 WIB
header img
Foto, TMMD Edukasi Wawasan Kebangsaan dan Waspada Bencana di Batu Bara. iNewsAsahanRaya.id/Fadly Pelka.

BATU BARA, iNewsAsahanRaya.id -  Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 Kodim 0208/AS, memberi penyuluhan mitigasi bencana dan wawasan kebangsaan, di Aula Kantor Desa Simpang Gambus, Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara, Senin (26/02/2024).

Salah seorang narasumber, Anwardi dalam paparannya meminta kepada masyarakat agar waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode sepekan ke depan seperti hujan secara sporadis, lebat, dan durasi singkat disertai petir dan angin kencang, bahkan hujan es.

Hal itu berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang dan puting beliung terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi.

"Khusus bagi masyarakat, apabila terjadi hujan dalam durasi lebih dari satu jam, maka masyarakat yang tinggal di bantaran sungai maupun di lereng tebing agar mengungsi ke tempat yang lebih aman untuk sementara waktu," katanya. 

Sementara, Kapten Inf T. Lumban Raja memberi pemahaman tentang wawasan kebangsaan yaitu pemahaman mendalam mengenai identitas, sejarah, budaya dan nilai-nilai yang melekat dalam suatu bangsa. Hal ini melibatkan kesadaran akan persatuan, keragaman, dan tanggung jawab terhadap pembangunan negara.

Dalam konteks Indonesia, wawasan kebangsaan mengacu pada pemahaman mendalam tentang sejarah perjuangan bangsa, nilai-nilai Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika serta kesadaran akan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia sebagai negara yang beragam.

"Indonesia sangat luas dari Sabang sampai Merauke dan dipersatukan oleh Sumpah Pemuda yang salah satu bagian pemersatu bangsa," ujarnya.

Editor : Mohd Fadly Pelka

Follow Berita iNews Asahanraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut