get app
inews
Aa Read Next : Bengkel Las Sahabat Andong Terima Bantuan UMKM dari PT Inalum

Antisipasi Sampah Inalum Bina Peternak Manggot

Rabu, 06 Maret 2024 | 12:09 WIB
header img
Foto, Antisipasi sampah PT Inalum Bina Peternak Manggot. iNewsAsahanRaya.id/Fadly Pelka.

BATU BARA, iNewsAsahanRaya.id - PT Inalum terus mendukung perekonomian masyarakat di Batu Bara terutama antisipasi sampah dengan membina kelompok ternak ulat manggot, dengan ternak ulat manggot ini mampu mengurangi populasi sampah organik hingga 5 Ton setiap bulannya.

Kelompok ternak ulat manggot Sari Larva Berdaya yang berada di Desa Kuala Tanjung, Kecamatan Sei Suka, Batu Bara sudah menjadi binaan PT Inalum dalam 3 tahun terakhir dan sudah berjalan sejak tahun 2020.

PT Inalum membina kelompok ternak ulat manggot ini dalam rangka mengantisipasi populasi sampah organik hingga 4,5  ton sampah organik setiap bulannya dari sampah tersebut masyarakat mendapatkan  keuntungan finansial dan kehidupan dilingkungan yang bersih.

Proses peternakan ulat manggot ini memiliki beberapa tahapan, dimana peternak awalnya  harus melakukan  proses pengindukan ulat manggot di dalam sebuah kelambu, dimana ulat manggot yang usianya sudah mencapai 30 hari maka dengan sendirinya akan berubah menjadi lalat. Setelah itu lalat tersebut akan bertelur di sela-sela kepingan kayu yang sudah disediakan.

Setelah bertelur maka telur lalat akan dipindahkan kedalam wadah kecil, untuk proses penetasan lalu ditaburi dedak sebagai makanan awal untuk bayi ulat manggot. Setelah usia 7 hari ulat manggot dipindahkan ke bak eksekusi dimana dengan usia 7 hari ulat manggot sudah siap untuk memakan sampah organik yang sudah disediakan, selama 24 jam tanpa henti hingga ulat berusia 21 hari maka ulat manggot ini sudah dapat di panen.

Selaku Ketua Kelompok Ternak Manggot Dedi Syahputra mengaku sejak beternak ulat manggot ini dirinya tak perlu lagi mengeluarkan biaya besar, untuk pakan ternak unggas dan ikan dengan membeli makanan khusus seperti  pelet karena sudah digantikan dengan ulat manggot yang menjadi pakan ikan dan ternak unggasnya. Sehingga dirinya bisa menghemat biaya pakan ternak ikan dan unggas sebanyak 80 persen.

Tidak hanya itu dengan usaha ulat manggot Kelompok Sari Larva Berdaya Binaan PT Inalum ini juga sudah mempunyai binaan turunan di masyarakat, yang sifatnya menguntungkan masyarakat dengan cara merangsang ekonomi masyarakat agar beternak unggas, dengan memberikan bibit unggas secara gratis kepada masyarakat dan setiap 6 bulan kedepan kelompok ternak ulat manggot Sari Larva Berdaya Binaan PT Inalum ini akan melakukan evaluasi kepada masyarakat yang menjadi binaan turunan PT Inalum tersebut.

PT Inalum berharap budi daya ternak ulat manggot ini dapat menjadi contoh bagi masayarakat lainnya sehingga tercipta lingkungan yang bersih dan sehat.

 

Editor : Mohd Fadly Pelka

Follow Berita iNews Asahanraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut