get app
inews
Aa Read Next : Bengkel Las Sahabat Andong Terima Bantuan UMKM dari PT Inalum

PT Inalum Bina Kelompok Budi Daya Udang Vaname

Jum'at, 15 Maret 2024 | 16:41 WIB
header img
Foto, PT Inalum Bina Kelompok Budi Daya Udang Vaname. iNewsAsahanRaya.id/Fadly Pelka.

 

BATU BARA, iNewsAsahanRaya.id - PT Inalum kini mendukung dan melakukan pembinaan, terhadap Kelompok Budi Daya Udang tepatnya disekitar wilayah pesisir di Kabupaten Batu Bara. Dalam dukungan tersebut kelompok budi daya udang berharap agar PT Inalum dapat terus memberikan dukungan moril dan materil seperti laboratorium air, guna mengetahui kelayakan air untuk budi daya udang.

Sebagai bentuk kepedulian dan dukungannya, terhadap kelompok budi daya udang di Batu Bara, kini PT Inalum  mulai melakukan pembinaan terhadap beberapa kelompok budi daya udang,  tepatnya di wilayah pesisir Batu Bara, salah satunya yakni Kelompok Budi Daya Udang Vaname Lalang Mandiri, yang terletak di Desa Lalang, Kecamatan Medang Deras, Batu Bara, Sumatera Utara.

Kepada Kelompok Budi Daya Udang Vaname ini, PT Inalum terus memberikan motivasi serta dukungan moril maupun materil seperti kincir air, plastik lantai kolam tambak udang dan  tenaga ahli dari laboratorium air guna menguji kadar garam air dan kelayakan air, guna maksimalnya kelangsungan proses budi daya udang vaname di kolam tambak udang tersebut.

Tidak hanya itu PT Inalum juga terus memberikan dukungan moril dan materil pada kelompok budi daya udang pada desa desa lainnya di Kabupaten Batu Bara diantaranya, Desa Kuala Indah, Desa Medang dan desa lainnya.

Dengan adanya dukungan ini, PT Inalum berharap kepada seluruh kelompok budi daya udang dapat lebih bersemangat, dalam menjalankan usaha tersebut sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang signifikan,  dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Kabupaten Batu Bara.

Ketua Kelompok Tani Budi Daya Udang Vaname Lalang Mandiri, OK Irwansyah mengatakan, di lokasi tambak udang vaname ada enam kolam yang produktif, namun hasil panen awal ketika belum adanya dukungan dari PT Inalum hanya sebanyak 1 koma 5 ton perkolam. Setelah mendapat dukungan seperti kincir air dan uji air kolam di laboratorium dan bantuan lainnya dari PT Inalum hasil panen mengalami peningkatan yang cukup pesat hingga 150 persen dari hasil sebelumnya, yang tadinya perkolam hanya menghasilkan 1,5 ton udang dengan harga 80 ribu rupiah perkilogram, saat ini sudah menjadi 3 hingga 4 ton perkolamnya, Jumat (15/03/2024).

Saat ini kelompok budi daya udang mengelola, sebanyak 6 kolam diatas lahan seluas 1 hektar. Untuk pengisian air kolam dilakukan dengan cara pengisian manual menggunakan mesin air hingga kedalaman kolam 70 Centi Meter, diatas kolam yang sudah ditutupi dengan lantai plastik. Guna mencegah hama darat seperti kepiting dan lainnya. Untuk setiap kolamnya mampu menampung sebanyak 200 ribu ekor benur atau bibit udang dan setiap ekor bibit udang dibeli dengan harga 45 Rupiah per ekor.

Untuk proses masuk pembibitan udang vaname hingga masa panen memakan waktu sebanyak 120 hari kedepan.

Kelompok Budi Daya Udang Vaname Lalang Mandiri berharap agar PT Inalum terus membantu mereka dalam proses uji air kolam di laboratorium dan juga berharap dukungan moral dan  materilnya terus berjalan secara berkesinambungan dan pastinya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Batu Bara. 

Editor : Mohd Fadly Pelka

Follow Berita iNews Asahanraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut