get app
inews
Aa Read Next : Edimin Minta Penerbitan SIM di Polres Labusel Tersedia, Kapolda Respon Begini

Inampa Jadi Tuan Rumah Kongres IMPA Ke 27 Di Bali

Jum'at, 05 April 2024 | 19:08 WIB
header img
President Indonesian Maritime Pilots Association INAMPA Pasoroan Herman Harianja INAMPA akan menjadi Tuan Rumah penyelenggaraan Event Akbar Perwira Pandu Maritim 2026 di Bali. iNewsAsahanRaya.id/Yudha Bahar

President Indonesian Maritime Pilots’ Association (INAMPA) Pasoroan Herman Harianja mengatakan bahwa INAMPA akan menjadi Tuan Rumah penyelenggaraan Event Akbar Perwira Pandu Maritim dari seluruh dunia atau Kongres International Maritime Pilots’ Association (IMPA) ke – 27 tahun 2026, di Bali.

“Pada tanggal 26 s/d 30 Maret 2024 lalu, President International Maritime Pilots’ Association (IMPA) sebagai induk organisasi global Perwira Pandu Maritim seluruh dunia, Capt. Simon Pelletier dari Canada dan Capt. Matthew Williams dari Inggris melakukan kunjungan kerja ke Bali Indonesia serta mengadakan serangkaian kegiatan check posisi, venue, acara, rapat bersama President INAMPA serta Pengurus DPP & DPW INAMPA dari seluruh Indonesia, bertempat di Westin Hotel & Resort Nusa Dua, Bali. Kunjungan kerja tersebut sebagai bentuk komitmen kuat dari Executive IMPA terhadap Indonesia dalam hal ini INAMPA yang dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggara Kongres IMPA ke – 27 tahun 2026 nanti di Bali,” ujar Herman pada saat buka puasa bersama dengan awak media cetak danl elektronik, di Ruangan VIP HABITAT Café & Resto di Medan, Kamis (04/04/2024).

Herman pada kesempatan itu menceritakan bagaimana INAMPA resmi menjadi anggota IMPA sejak tahun 2017, dan sangat aktif sekali dalam kegiatan berskala global yang dilakukan oleh IMPA, misalnya mengikuti Kongres IMPA ke-23 tahun 2016 di Seoul – Korea Selatan, Kongres IMPA ke – 24 tahun 2018 di Dakkar – Senegal, Kongres IMPA ke – 25 tahun 2022 di Cancun – Mexico.

“Nanti tanggal 20 s/d 27 April 2024, INAMPA akan mengikuti Kongres IMPA ke – 26 di Rotterdam – Belanda,” katanya.

Menurut Herman, selain aktif di Forum global, INAMPA juga aktif di Regional Asia Pacific.

“Tahun 2019 lalu mengikuti “The 2nd Asia Pacific Maritime Pilots’ Forum (APMPF)” yang berlangsung di Sydney – Australia, serta “The 3rd Asia Pacific Maritime Pilots’ Forum (APMPF) yang berlangsung di Seoul – Korea Selatan tanggal 29 – 31 Agustus 2023 lalu,” ungkapnya.

Kata Herman, menjadi Host Kongres IMPA ke – 27 tahun 2026 tersebut memberikan banyak manfaat bagi Indonesia dan INAMPA. “Sama halnya ketika Indonesia menjadi tuan rumah event internasional seperti G20, IMF / World Bank Meeting. Selain mewujudkan prode / kebanggaan juga sebagai bukti Indonesia / INAMPA memiliki kompetensi, kapasitas dan pengalaman untuk menyelenggarakan acara tersebut,” jelasnya.

Selama kongres berlangsung akan ada pameran industri kemaritiman di lokasi kegiatan acara di Rotterdam.

Banyak manfaat yang diperoleh peserta khususnya INAMPA sebagai bagian dari International Maritime Society, antara lain, a. Sebagai platform untuk networking baik itu professionalism, business, social, dll. b. Tempat berbagi ilmu, pengetahuan, keterampilan melalui workshop, seminar dan pameran. c. Melihat, membangun dan kolaborasi bisnis & kerjasama penting lainnya baik itu dalam konteks organization to organization, praktek kolaborasi lainnya yang saling memberi keuntungan dan manfaat.

Bagi INAMPA, moment kongres tersebut menjadi sangat penting karena akan ada ceremony dari panitia yaitu Penyerahan Pataka menjadi tuan rumah Kongres IMPA ke – 27 dari tuan rumah Kongres IMPA ke – 26 Rotterdam – Belanda kepada INAMPA sebagai tuan rumah Kongres IMPA ke – 27 di Bali – Indonesa.

Herman menyampaikan, kegiatan tersebut sebagai moment sangat penting bagi Indonesia untuk mempromosikan / publikasikan tentang Industri Kemaritiman di Indonesia, Industri Pariwisata di Indonesia khususnya Bali dan 10 Destinasi Super Prioritas lainnya. Lalu Peluang kolaborasi dan kerjasama di berbagai sector dan industri yang berhubungan dengan kemaritiman termasuk safety, security, environment protection dan sustainability. Peningkatan kapasitas Sumber Daya maritim. Sebagai ajang untuk menunjukkan kepada Dunia International secara industri jasa kepelabuhanan dan logistic yang dikelola oleh PELINDO, Pertamina Port & Logistics (PPL), BUP lainnya baik itu milik pemerintah, Swasta, serta peluang untuk kerjasama jangkauan pasar, teknologi, dll.

Herman menambahkan bahwa penyelenggaraan Kongres IMPA ke – 27 di Bali – Indonesia tahun 2026, akan banyak memberikan manfaat positif kepada Indonesia dalam mewujudkan visi besar Indonesia menjadikan Poros Maritim Dunia.

Herman berharap INAMPA sebagaimana proses transformasi yang sedang berlangsung tidak hanya sekedar organisasi profesi tapi menjadi “Maritime Advisor to The World” dengan tetap mengedepankan azas “Building Responsible Partnership”.

“Semoga kiprah INAMPA dapat bermanfaat bagi Indonesia,” kata Herman, sekaligus menginfokan jika pada tanggal 11 Maret 2024, Inampa merayakan Ulang Tahun ke – 21 Tahun dan menetapkan tagline ‘Proud To Be The Host of The 27th IMPA Congress, Bali – Indonesia”, kata Herman.

Editor : Mohd Fadly Pelka

Follow Berita iNews Asahanraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut