get app
inews
Aa Read Next : Bandar Shabu Asal Indrapura Diringkus Polisi

Demo Tuntut Utang Proyek Pemkab Batu Bara, Nyaris Baku Hantam

Kamis, 06 Juni 2024 | 18:41 WIB
header img
Foto, Demo Tuntut Hutang Proyek Pemkab Batu Bara, Nyaris Baku Hantam. iNewsAsahanRaya.id/Fadly Pelka.

BATU BARA, iNewsAsahanRaya.id -Puluhan kontraktor dan pekerja lokal yang merasa muak dengan janji Pemkab Batu Bara atas pembayaran hutang proyek pembangunan infrastruktur berunjuk rasa menuntut agar Pemkab Batu Bara segera membayar dan melunasi utang tersebut. Dalam aksi unjuk rasa ini massa dan petugas keamanan nyaris baku hantam, Kamis (06/06/2024).

Massa yang terdiri dari kontraktor dan pekerja lokal asal Kabupaten Batu Bara ini menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Bupati Batu Bara dan Kantor Badan Keuangan Aset Daerah atau BKAD Batu Bara, sumatera utara.

Dalam aksi ini massa dan petugas keamanan sempat cekcok adu mulut dan nyaris baku hantam, karena massa sempat meminta untuk memasuki Kantor Bupati Batu Bara dan bermaksud untuk menyegel kantor bupati tersebut,  karena biaya pembayaran pembangunan kantor bupati tersebut belum dilunasi oleh pemkab batu bara.

Puluhan massa ini menuntut agar Pemkab Batu Bara segera membayarkan dan melunasi utang-hutang proyek pembangunan infrastruktur dan jembatan yang sudah selesai dilaksanakan pada tahun 2023 lalu. Dan saat ini pembangunan  tersebut sudah dinikmati dan dirasakan dampak positifnya oleh warga Batu Bara. Namun mirisnya hingga saat ini sudah lebih dari setahun pasca selesai pembangunan, Pemkab Batu Bara masih belum membayar dan melunasi hutang proyek pembangunan tersebut.

Sementara di sisi lain para kontraktor ini terpaksa harus membayar bunga bank dari pinjaman modal mereka yang tertanam sekian lama untuk proyek pembangunan di Batu Bara.

Dalam aksi ini massa meminta penjabat atau PJ Bupati Batu bara Nizhamul untuk memberikan penjelasan terkait pembayaran yang selama ini menjadi tanda tanya bagi para kontraktor. Namun penjelasan dari PJ Bupati Nizhamul masih saja nihil, dengan alasan beliau tidak berada di kantor.

Menanggapi hal tersebut Kepala Badan Keuangan Aset Daerah Batu Bara, Rijali menjelaskan bahwa keuangan Pemkab Batu Bara sedang defisit dan membenarkan bahwa Pemkab Batu Bara berutang sebanyak 32 milyar atas proyek pembangunan pada tahun 2023. Jika BKAD akan melakukan pembayaran hutang pemkab kepada kontraktor maka BKAD Batu Bara harus mendapat izin dari Nizhamul selaku Penjabat Bupati Batu Bara, dan jika belum mendapat izin dari PJ Bupati maka BKAD Batu Bara tidak berani melakukan pembayaran proyek tersebut.

Aksi unjuk rasa berhenti setelah Sekda Batu Bara berjanji akan memfasilitasi pertemuan antara kontraktor dan PJ Bupati pada rabu mendatang, guna membahas pembayaran hutang proyek pembangunan Pemkab Batu Bara.

Jika tidak ada penyelesaian terkait pembayaran utang Proyek pembangunan infrastruktur Pemkab Batu Bara, maka massa yang terdiri dari para pekerja dan kontraktor lokal ini akan melakukan pemblokiran terhadap pembangunan infrastruktur yang selama ini sudah dirasakan dampak positifnya oleh masyarakat Batu Bara dan pastinya akan menurunkan massa yang lebih banyak dari sebelumnya.

Editor : Mohd Fadly Pelka

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut