get app
inews
Aa Read Next : Kepedulian Para Pedagang di Rantauprapat, Santuni Anak Yatim Setiap Bulannya

Makna Inovasi Lokal Menuju Global di Peringatan Dies Natalis ke-26 ULB

Selasa, 30 Juli 2024 | 15:30 WIB
header img
Foto, Ketua Yayasan Universitas Labuhanbatu, Halomoan Nasution, SH MH saat menyuapkan nasi tumpeng ke Rektor Ade Parlaungan Nasution, Ph.D di peringatan Dies Natalis ke-26. iNewsAsahanRaya.id/ Randi Kurniawan.

LABUHANBATU, iNewsAsahanRaya.id - Universitas Labuhanbatu (ULB) menggelar peringatan Dies Natalis ke-26 di Aula Kampus setempat pada Senin, (29/7/2024). Kegiatan ini mengangkat tema "Inovasi Lokal Menuju Global."

Ketua panitia kegiatan, Abdillah Munthe, M.Sc, menjelaskan bahwa tema tersebut diangkat untuk mengambil semangat dari Sustainable Development Goals (SDG) United Nations 2045, yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat dunia dan melestarikan alam.

"Jadi, dari semangat itu kita ingin menunjukkan bahwa segala bentuk tri dharma di kampus digerakkan oleh kearifan lokal dan kecerdasan lokal. Bagaimana kita menginternasionalisasi nilai-nilai yang ada di kabupaten kita ini. Kita mau tri dharma kita datang dari masyarakat, dari kelompok adat, sehingga kita tuangkan dalam berbagai inovasi yang bisa diterima oleh masyarakat global," ujarnya.

Abdillah mencontohkan penelitian tentang pohon bakau yang dilakukan oleh dosen di daerah Negeri Lama. Bakau tadi tidak hanya berdampak ekonomi bagi masyarakat tetapi juga menjaga suhu tetap normal.

"Salah satu contohnya adalah dosen kita sering melakukan penelitian di daerah Negeri Lama tentang bakau. Jadi ada pembangunan berkelanjutan di situ. Kita pun mengedukasi masyarakat bahwa menjaga bakau berarti menjaga lingkungan, menjaga suhu tetap normal dan menjadi habitat ikan sehingga nelayan tidak perlu berlayar lebih jauh untuk mendapatkan ikan," jelasnya.

Ketua Yayasan ULB, Halomoan Nasution, SH MH mengatakan bahwa Dies Natalis ULB bukan sekadar perayaan tahunan biasa, melainkan langkah menuju keunggulan universitas.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Rektor dan seluruh dosen atas dedikasi dan kerja keras, serta berharap semangat kerja sama dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Halomoan menambahkan bahwa Dies Natalis kali ini menjadi momentum bagi ULB untuk unggul dalam meningkatkan sumber daya manusia, baik tenaga pengajar maupun mahasiswa, unggul dalam pengabdian kepada masyarakat, dan unggul dalam menciptakan dunia pendidikan yang kreatif, mandiri, dan berwirausaha.

"Pada perayaan kali ini, diadakan kegiatan kecil dan sederhana yang diharapkan menjadi wadah bagi anak-anak muda untuk berkompetisi menyalurkan bakat dan potensi mereka, serta menjadi sarana silaturahmi dengan masyarakat di Kabupaten Labuhanbatu Raya," sebutnya.

Rektor ULB, Assoc. Prof. Ade Parlaungan Nasution, Ph.D menyampaikan bahwa ULB terus berinovasi dengan perbaikan kurikulum sehingga pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) terus meningkat setiap tahunnya.

Rektor juga memaparkan berbagai capaian yang telah diraih universitas selama setahun terakhir, termasuk berada di peringkat 4 perguruan tinggi swasta terbaik di Sumatra Utara.

"Universitas Labuhanbatu telah menunjukkan progres yang signifikan. Kami berhasil membagikan berbagai buku capaian dan terus mendorong mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang mereka peroleh dalam kehidupan sehari-hari," jelasnya.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan pemotongan tumpeng yang dihadiri oleh perwakilan Forkopimda Labuhanbatu Raya.

Editor : Mohd Fadly Pelka

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut