Polres Batu Bara Peringati Hari Lahir Pancasila

Iwan Obot Cornelio
Foto, Pelaksanaan Upacara Hari Lahir Pancasila di Polres Batu Bara. iNewsAsahanRaya.id/ Iwan Obot Cornelio.

BATUBARA, iNewsAsahanRaya.id - POlres Batu Bara menggelar upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan di Halaman Mako Polres, Sabtu pagi (01/6/2024).

Upacara dipimpin Wakapolres Batu Bara Kompol lmam Alryuddin, SH.,MH dan diikuti PJU Polres Batu Bara, para Kasat, Kapolsek, Kasi, Kasubbag, perwira staf, dan segenap personel Polres Batu Bara.

Pada kegiatan tersebut, dilakukan pembacaan teks Pancasila oleh pembina upacara yang ditirukan oleh seluruh peserta upacara, dilanjutkan dengan pembacaan UUD Tahun 1945.

Dalam kegiatan upacara tersebut, Wakapolres Batu Bara Kompol lmam Alryuddin, SH membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI yang intinya menyampaikan bahwa peringatan hari lahir pancasila tahun 2024 mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045.”

“Tema ini mengandung maksud bahwa pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat," ujarnya.

Keberadaan pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa indonesia, didalam pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

Dalam momentum bersejarah ini, mengajak komponen bangsa dimanapun berada untuk bahu membahu membumikan nilai nilai pancasila kedalam aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar.

“Kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama sama bergotong royong merawat anugrah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Semoga peringatan hari lahir pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia," jelasnya.



Editor : Mohd Fadly Pelka

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network