Liga Askab PSSI Sukses Digelar, Tunas Muda FC Keluar Sebagai Juara

Fadly Pelka
Foto, laga final Askab PSSI Labuhanbatu. iNewsAsahanRaya.id/ Fadly Pelka.

LABUHANBATU, iNewsAsahanRaya.id - Liga Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Labuhanbatu memperebutkan piala Plt Bupati Hj Ellya Rosa Siregar sukses terselenggara. Tunas Muda FC berhasil menjuarai kompetisi ini usai mengalahkan Apache FC dengan skor 2-1 di babak final.

Laga ini digelar di Stadion Binaraga, Kecamatan Rantau Utara, Sabtu (8/6/2024).

Adapun hadiah yang diberikan adalah juara I menerima uang pembinaan sebesar Rp. 15 juta serta trofi, juara II Rp. 10 juta, juara III Rp. 7,5 juta, dan juara IV Rp. 5 juta. Pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak masing-masing menerima uang pembinaan sebesar Rp. 2,5 juta.

Ketua Askab PSSI Labuhanbatu, Muhammad Ikhsan Nasution mengatakan, kompetisi tersebut baru pertama kalinya digelar sejak ia memimpin pada tahun 2020 lalu.

"Sebab 2020 lalu covid kan, jadi kita fokus membagusi wasit dan pelatih, sekolah mengambil lisensi. Kemudian 2021 kita gelar Suratin tingkat usia pembinaan U-13 dan 15 tahun, berikutnya di 2022 tidak ada kegiatan karena adanya kasus kanjuruhan dan tahun berikutnya kembali fokus membina usia U-15 kebawah," ujarnya.

Menurut Ikhsan, laga tersebut digelar untuk memperbaiki sepakbola di Labuhanbatu.

"Ini satu bulan berlangsung, klub yang mengikuti ada 8 seluruhnya anggota Askab. Tujuannya sesuai slogan kita, memperbaiki sepakbola Labuhanbatu," ungkapnya.

Ia juga menyatakan kepuasannya terhadap pertandingan yang berlangsung, mengapresiasi mentalitas para pemain yang mulai terlihat bagus.

"Hari ini yang kita utamakan bukan hanya juaranya, melainkan memperbaiki mental dan kualitas sepakbola ke depannya," kata Ikhsan.

Mewakili Forkopimda Labuhanbatu, Dandim 0209/LB Letkol Inf Yudy Ardiyan Saputro berharap sepakbola di Labuhanbatu dapat terus berkembang hingga ke tingkat nasional.

"Alhamdulillah lancar, penonton pun ramai. Mudah-mudahan dengan adanya liga ini akan memperoleh bibit pemain pemain muda Labuhanbatu sehingga kedepannya bisa menjadi pemain andalan, tidak hanya di sini, melainkan di kancah nasional," jelasnya.

Editor : Mohd Fadly Pelka

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network