Kelompok Tani Milenial Binaan INALUM di Aek Songsongan Rayakan Hasil Panen Perdana

Fadly Pelka
Foto, Kelompok Tani Milenial Binaan INALUM di Aek Songsongan Rayakan Hasil Panen Perdana. iNewsAsahanRaya.id/Fadly Pelka.

Kelompok Tani Milenial Binaan INALUM di Aek Songsongan Rayakan Hasil Panen Perdana

ASAHAN, iNewsAsahanRaya.id - PT Indonesia Asahan Aluminium atau INALUM merayakan panen perdana budidaya melon di kawasan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan. Program yang merupakan kolaborasi antara perusahaan dan Karang Taruna kawasan tersebut merupakan komitmen INALUM dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi baru di kawasan sekitar operasional perusahaan. 

Corporate Secretary INALUM Mahyaruddin Ende menyebut bahwa program kolaborasi ini merupakan komitmen perusahaan dalam mewujudkan kemandirian dan pemberdayaan masyarakat, khususnya untuk anak-anak muda. Ia berharap, kolaborasi kreatif dan produktif ini bisa terus berjalan dan tujuan utama INALUM untuk bisa mengembangkan masyarakat bisa terwujud. 

"INALUM sebagai bagian dari Indonesia memiliki komitmen untuk bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk masyarakat khususnya anak muda, salah satunya melalui kolaborasi produktif seperti pertanian. Kami berharap kegiatan-kegiatan positif ini bisa memberikan manfaat tidak hanya dengan binaan perusahaan, tetapi juga bermanfaat yang berkelanjutan," ujar Mahyaruddin. 

INALUM melakukan pembinaan kepada kelompok petani melon milenial di Desa Aek Songsongan,  Kecamatan Aek Sosongan, Kabupaten Asahan. Kemitraan ini berbentuk dukungan perusahaan untuk menghadirkan kebun melon dengan memanfaatkan lahan di bawah jalur transmisi INALUM. Di tangan para milenial, profesi petani tak hanya sekadar aktivitas menanam dan memanen. INALUM berharap petani yang lahir di generasi digital ini pun diharapkan bisa menjadi penggerak peningkatan nilai tambah sektor pertanian berbasis teknologi dan informasi yang mumpuni. Penanaman dilakukan di lahan sekitar transimis dengan luasannya 2.1 Ha

Senior VP CSR/TJSL INALUM Daniel JP Hutauruk menyebut bahwa kerjasama produktif ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dengan lebih keberlanjutan. Ia menyebut, rencana ke depan tidak hanya melon dan cabai atau bawang saja, tetapi akan mencoba untuk melakukan budidaya komoditas agro lain. 

“Tidak hanya tanaman Melon tetapi di lokasi ini juga tengah  dilakukan penanaman jagung, cabai, kacang panjang, mentimun, ubi kayu, terong, pepaya, semangka, jeruk. Kita berharap kedepan dengan adanya berbagai jenis tanaman ini dapat menjadi kawasan integrated farming untuk mendapatkan agroekosistem yang mendukung produksi pertanian. Jadi berharap melalui kebun ini dapat juga mengangkat perekonomian kawasan setempat dengan memanfaatkan lahan di bawah jalur transmisi Inalum," ujar Daniel dalam giat Panen Perdana Melon di Aek Songsongan. 

Sementara itu, Eko Pranolo selaku Ketua Karang Taruna Desa Aek Songsongan mengatakan bahwa Inalum bersama Pemerintah Kecamatan Aek Songsongan terus mendorong dan memberikan banyak ruang bagi pemuda petani milenial untuk bekreasi dalam pengenalan dan pemanfaatan teknologi pertanian. 

“Upaya Pemberdayaan Masyarakat yang dilaksanakan oleh PT Inalum tidak hanya berdampak pada peningkatan kapasitas pemuda dalam bidang pertanian, namun pengenalan dan penggunaan akan teknologi untuk percepatan pengelolaan pertanian tidak luput dari perhatian PT Inalum,” ujar Eko.

Lebih lanjut, Eko mengatakan bahwa kelompok petani milenial yang juga tergabung dengan Karang Taruna Desa Aek Songsongan sangat berterimakasih kepada PT Inalum atas komitmen kepada pemuda untuk tumbuh dan berkembang bersama dalam program pemberdayaan masyarakatnya sehingga berdampak pada peningkatan pendapatan dan kemandirian ekonomi masyarakat khususnya pemuda dalam bidang pertanian yang tergabung dalam Karang Taruna Aek Songsongan dan kami membuka diri bagi pemuda atau masyarakat sekitar yang berminat untuk belajar bersama dan mengembangkan pertanian bersama Karang Taruna Aek Songsongan.

Editor : Mohd Fadly Pelka

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network