INALUM Laksanakan RUPS Tahun Buku 2023, Persiapkan Percepatan Hilirisasi Aluminium Nasional

Fadly Pelka
Foto, INALUM Laksanakan RUPS Tahun Buku 2023, Persiapkan Percepatan Hilirisasi Aluminium Nasional. iNewsAsahanRaya.id/Fadly Pelka.


Jakarta, iNewsAsahanRaya.id – PT Indonesia Asahan Aluminium (INALUM) telah menyelesaikan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2023 pada Selasa, 16 Juli 2024 di Sanur Bali.
 
*Kinerja INALUM 2023*
Sepanjang tahun 2023, INALUM telah memproduksi sedikitnya 215.130 ton aluminium. Perusahaan berhasil mempertahankan laju produksi guna meningkatkan nilai tambah sumber daya mineral Indonesia. Di aspek keuangan INALUM juga mencatatkan peningkatan kinerja yang signifikan dengan membukukan pertumbuhan laba bersih yang melampaui target RKAP 2023. 

Corporate Secretary INALUM Mahyaruddin Ende menyatakan bahwa pencapaian ini merupakan hasil dari komitmen dan upaya keras perusahaan untuk terus menjaga kinerja operasional dengan optimal. 

“Kami bersyukur perolehan kinerja tahun buku 2023 tetap agile pada tren yang positif dan kami harap mampu mendukung penciptaan nilai tambah yang lebih baik pada industri pertambangan Indonesia melalui beberapa aksi korporasi yang sedang dilakukan,” ujar Mahyaruddin.

*Proyek Strategis dan Rencana Korporasi Ke Depan*
Dalam RUPST tersebut, INALUM juga memaparkan beberapa proyek strategis untuk meningkatkan kapasitas produksi aluminium nasional, antara lain:
- Pembangunan Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) di Mempawah.
- Proyek Upgrading Teknologi Tungku Reduksi.
- Optimalisasi Smelter Kuala Tanjung yang ditargetkan meningkatkan kapasitas produksi pada tahun 2024-2025.
- Proyek Diversifikasi Aluminium Remelt IAA.

INALUM juga fokus pada penyediaan energi tambahan dengan memanfaatkan energi terbarukan sebagai langkah untuk meningkatkan produksi aluminium. Pembangunan ekosistem industri aluminium nasional yang sinergis dan terintegrasi dari hulu ke hilir menjadi prioritas perusahaan sesuai dengan mandat pemerintah untuk mewujudkan hilirisasi pertambangan.

Selain itu, upaya perluasan pasar juga menjadi perhatian penting perusahaan. “Selanjutnya, perusahaan mulai menjajaki ekspansi pasar baru serta menjaga penguatan penetrasi pasar eksisting saat ini yang juga telah memberikan sisi positif bagi kami dalam mengoptimalkan penjualan dan produksi aluminium Indonesia,” tutup Mahyaruddin.


Susunan Manajemen INALUM

Lebih lanjut, Setelah RUPST INALUM dilaksanakan, Pemegang saham juga membacakan “Keputusan Para Pemegang Saham tentang Susunan Pengurus (“KPPS Inalum”). Sehingga susunan pengurus INALUM saat ini menjadi:


Susunan Dewan Direksi

• Direktur Utama: Ilhamsyah Mahendra
• Direktur Keuangan: Devi Pradnya Paramita
• Direktur Operasi: Ivan Emirsyam
• Direktur Strategic Support & Human Capital: Benny Alexander FD. Wiwoho
• Direktur Pengembangan Usaha: Melati Sarnita

 

Susunan Dewan Komisaris

• Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen: Jhoni Ginting
• Komisaris Independen: Hari Soebagijo
• Komisaris Independen: Martuani Sormin
• Komisaris: Ahmad Erani Yustika
• Komisaris: Indra Simarta

Editor : Mohd Fadly Pelka

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network