Logo Network
Network

Berita Bohong Zaman Sekarang Disebut Hoax, dalam Islam Disebut Khurafat

Tim iNews.id
.
Selasa, 20 September 2022 | 14:24 WIB
Berita Bohong Zaman Sekarang Disebut Hoax, dalam Islam Disebut Khurafat
 Hoax pada masa sekarang ini sering terdengar untuk menyebut sebuah kabar atau berita bohong. Nah, dalam Islam disebut khurafat sama artinya juga berita berisi dusta. Khurafat biasanya digandeng dengan istilah takhayul. Foto: Konsultasisyariah

Ustaz Ammi Nur Baits menyebutkan, Ibnul Kalbi menjelaskan tentang pernyataan masyarakat, ‘Beritanya khurafat’ bahwa Khurafat adalah nama orang dari Bani Udzrah atau bani Juhainah.

Dia pernah diculik Jin kemudian kembali ke kampungnya. Setelah itu, dia bercerita banyak tentang berbagai kejadian yang dia lihat, sehingga banyak orang terheran-heran. Sampai mereka tidak percaya dan menganggap Khurafat berdusta. Akhirnya jadi terkenal di tengah masyarakat, “Beritanya Khurafat.” (Lisanul Arab, 9/62)

Dikutip dari laman konsultasisyariah pada Selasa (20/9/2022) bahwa keterangan yang sama juga disampaikan az-Zirikli : 

خرافة : رجل من بني عذرة، غاب عن قبيلته زمناً ثم عاد فزعم أن الجن استهوته وأنه رأى أعاجيب جعل يقصها عليهم، فأكثر، فقالوا في الحديث المكذوب (حديث خرافة) وقالوا فيه (أكذب من خرافة) حتى سمى الحريري الكذب خرافة

Khurafat adalah nama seorang lelaki dari bani Udzrah, yang hilang dari kampungnya dalam kurun waktu yang lama. Kemudian dia kembali. Dia menyangka telah disekap Jin, dan dia telah melihat berbagai kejadian aneh. Lalu diceritakan kepada masyarakatnya panjang lebar. Hingga jadi istilah mereka untuk menyebut berita dusta, ‘Beritanya Khurafat’. Mereka juga membuat istilah, “Lebih pembohong dari pada Khurafat.” Hingga al-Hariri menyebut setiap kedustaan dengan Khurafat. (al-A’lam, az-Zirikli, 2/303).

Follow Berita iNews Asahanraya di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini