Viral, Perangkat Desa Ramai-ramai Usung Jenazah untuk Dimakamkan

Afnan Subagyo
.
Kamis, 22 September 2022 | 14:01 WIB
Viral, perangkat desa beramai-ramai mengurus dan mengusung jenazah ke lokasi pemakaman untuk dimakamkan. Foto: Tangkapan Layar

KEDIRI, iNewsAsahanRaya.id - Viral, perangkat desa beramai-ramai mengurus dan mengusung jenazah ke lokasi pemakaman untuk dimakamkan.

Peristiwa ini terjadi di  Desa Kedak, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Para perangkat desa tersebut, terpaksa membawa memakamkan jenazah warga karena tidak ada yang memakamkannya. 

Dalam video berdurasi sekitar satu menit tersebut, memperlihatkan sejumlah perangkat desa sedang mengusung jenazah menuju pemakaman. 

Dalam video tersebut juga terdapat keterangan yang menyebutkan tidak ada warga yang turut mengantarkan ke pemakaman. 

Kepala Desa Kedak, Sunarti mengatakan, awalnya dirinya bersama para perangkat desa sedang bertugas di balai desa, lalu mendapatkan informasi salah seorang warga bernama Supartono meninggal dunia. 

"Karena ada kabar duka dari warga, akhirnya saya mengajak para perangkat desa untuk ke rumah duka menyampaikan duka cita. 

Sesampai di rumah duka, ternyata kondisi keluarga almarhum mengalami keterbelakangan mental dan kesulitan ekonomi," ungkap Sunarti. 

Melihat kondisi yang ada di rumah duka, akhirnya Sunarti meminta para perangkat desa melakukan langkah cepat untuk pemulasaran jenazah. 

Sementara  warga yang tinggal di sekitar rumah duka, hanya didominasi kaum perempuan, sementara para lelakinya sedang bekerja. 

Usai proses pemulasaran jenazah selesai, para perangkat desa ini akhirnya berinisiatif mengusung keranda dan mengantarkan jenazah ke pemakaman. 

Sementara, warga laki-laki yang ada, menggali kubur untuk menyiapkan pemakaman. 

Aksi para perangkat Desa Kedak, Kecamatan Semen tersebut, mendapatkan respons beragam dari para pengguna media sosial. 
 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar
Bagikan Artikel Ini