get app
inews
Aa Read Next : Perkebunan Sawit Jadi Sarang Transaksi Narkoba

Emak Emak di Batu Bara Bakar Ban Unjuk Rasa Galian C Potensi Robohkan Bendungan

Sabtu, 28 Januari 2023 | 15:36 WIB
header img
Foto, Emak Emak Unjuk Rasa Galian C Potensi Robohkan Bendungan. inewsAsahanRaya.id/Fadly Pelka.

BATU BARA, iNewsAsahanRaya.id Puluhan emak emak di Batu Bara melakukan aksi unjuk rasa terkait Galian C yang dinilai sangat meresahkan warga, Sabtu (28/01/2023). Pasalnya aktivitas Galian C tersebut semakin mengakibatkan abrasi pada bantaran sungai dan berpotensi robohkan bendungan sungai.

Dalam aksi unjuk rasa ini warga menuntut agar lokasi Galian C yang terletak di Desa Tanjung Muda, Kecamatan Air Putih, Kabupaten Batu Bara ini agar segera ditutup, pasalnya dampak dari aktivitas Galian C ini semakin meresahkan warga yang mengakibatkan bendungan sungai tanjung, yang mengairi 3500 hektar lahan pertanian yang terletak di beberapa desa terancam roboh, dan bantaran sungai semakin habis terkikis.

Tidak hanya itu akibat aktivitas Galian C ini juga mengakibatkan jalan utama di Desa Tanah Merah menjadi licin akibat ceceran pasir yang menimbulkan debu mengancam kesehatan warga dan juga menimbulkan potensi kecelakaan bagi pengendara motor.

Aktivitas Galian C ini diketahui sudah berlangsung selama kurang lebih sepuluh tahun, dalam aksi unjuk rasa ini warga membentangkan spanduk yang bertuliskan permintaan kepada Pemerintah Batu Bara dan meminta Kepolisian agar tidak menutup mata atas aktivitas Galian C tersebut.

Di lokasi Galian C terlihat tiga unit eskavator tampak tidak beraktivitas setelah mengetahui aksi unjuk rasa sedang berlangsung persis dipintu masuk lokasi Galian C. Selanjutnya personil Polres Batu Bara pun langsung turun kelokasi dan memerintahkan kepada pengelola Galian C agar menghentikan aktivitasnya dan meredakan emosi warga setempat.

Salah satu warga, Siti nurhaliza mengaku bahwa dirinya termasuk salah satu korban yang pernah mengalami kecelakaan akibat pasir yang berceceran di badan jalan.

Warga berharap kepada Pemerintah Batu Bara dan Polres Batu Bara agar segera menutup Galian C yang dinilai sangat meresahkan warga.

Editor : Mohd Fadly Pelka

Follow Berita iNews Asahanraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut