get app
inews
Aa Read Next : BNNK Labura Gelar Bimtek Bagi Penggiat P4GN

Jelang Hani, BNNK Labura Sosialisasi Bahaya Narkotika

Sabtu, 22 Juni 2024 | 15:02 WIB
header img
Foto, masyarakat saat berkunjung ke pameran yang digelar Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Labuhanbatu Utara di salah satu Mall di kota Rantauprapat. iNewsAsahanRaya.id/ Fadly Pelka.

LABUHANBATU, iNewsAsahanRaya.id - Menjelang peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) pada 26 Juni, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Labuhanbatu Utara menyelenggarakan serangkaian kegiatan, termasuk pameran jenis-jenis narkotika dan donor darah. Acara ini berlangsung dari 18 hingga 21 Juni 2024 di Suzuya Mall Rantauprapat.

Kepala BNNK Labura, Karno Adhi Swasono melalui Bagian Rehabilitasi, Nurmawati Sipahutar, SKM saat dikonfirmasi iNews.id pada Jumat (21/6/2024) mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara Pra Hani. Acara tersebut dilaksanakan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Labuhanbatu.

"Jadi donor darah ini kita gandeng PMI selama 2 hari, alhamdulillah masyarakat sangat yang ingin donor sangat antusias dan melebihi dari target yang kita tentukan," ujarnya.

Sementara pameran narkotika, menurut Nurmawati, bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai berbagai jenis narkotika dan dampak negatif dari penggunaannya. Ia pun menjelaskan bahwa pameran itu berfungsi sebagai percontohan untuk mengenalkan jenis-jenis narkotika seperti sabu dan ganja, serta mengedukasi masyarakat tentang bahaya penggunaannya.

"Ini semacam percontohan apa saja jenis narkotika, kita tampilkan, edukasi, kita sampaikan seperti apa saja bahaya nya, tujuannya agar mereka mengenali dan menjauhi barang haram tersebut," katanya.

Ia juga berharap, Labuhanbatu Raya yang meliputi 3 Kabupaten sebagai wilayah tugas dari BNNK Labura dapat terbebas dari peredaran narkotika. Untuk itu, pihaknya akan terus bekerjasama dengan seluruh stakeholder yang ada.

"Ciri-ciri yang paling gampang dikenali jika sudah memakai itu dari penampilan, perubahan fisik, hidup tak teratur, emosi meningkat, lebih mengurung diri. Jadi jika ada keluarganya yang seperti itu lapor ke kita untuk segera direhab. Kita berharap peredaran narkotika dapat terus diminimalisir," tuturnya.

Dalam pameran tersebut, masyarakat yang berkunjung mendapat hadiah berupa mug serta gantungan kunci berlogo BNN.

Editor : Mohd Fadly Pelka

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut