Dapat Dukungan PT Inalum, Hasil Produksi Udang Vaname Kelompok Budidaya Multazam Maksimal

Fadly Pelka
Foto, Dapat Dukungan PT Inalum, Hasil Produksi Udang Vaname Kelompok Budidaya Multazam Maksimal. iNewsAsahanRaya.id/Fadly Pelka.

BATU BARA, iNewsAsahanRaya.id - Setelah memberikan dukungan kepada kelompok budidaya udang vaname Lalang Mandiri, kini PT Inalum terus memperluas dukungannya terhadap budidaya udang vaname berikutnya yaini kelompok budidaya udang vaname Multazam di Kabupaten Batu Bara. 

Guna memberikan manfaat kepada masyarakat, PT Inalum terus memperluas dukungannya kelompok budidaya udang vaname yang berada di Kabupaten Batu Bara. Dukungan dan investasi sosial kali ini menyasar kepada kelompok vaname Multazam yang berada di Desa Lalang Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara. 

Pada investasi sosial kali ini, PT Inalum memberikan bantuan yang menjadi kebutuhan utama bagi kelangsungan proses budidaya udang vaname diantaranya sumur bor, mesin pompa air, kincir air dan bantuan moril dan materil lainnya, yang kedepannya diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan hasil panen udang vaname secara maksimal sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Batu Bara. 

Ketua kelompok budidaya udang vaname Multazam Reno mengaku sebelum menjadi binaan PT Inalum, ia sudah mulai membudidayakan udang vaname sejak tahun 2019 lalu, dimana saat itu kolam udang masih Bioflok atau berbentuk lingkungan dengan kemampuan yang minim, hanya mampu menampung sebanyak 50 ribu ekor benur atau bibit udang vaname dengan hasil panen maksimal sebanyak 700 kilogram. 

Tepat pada tahun 2021 kelompok budidaya udang vaname Multazam mulai mendapat dukungan moril dan materil dari PT Inalum untuk memperluas lokasi kolam udang vaname, hingga luasnya mencapai 440 meter persegi, dan kemampuan daya tampung bibit udang vaname mengalami penigkatan yang signifikan. 

Dimana sebelumnya hanya bisa menampung 50 ribu ekor udang, kini kolam tersebut sudah mampu menampung 150 ribu ekor udang vaname, dan mendapat hasil panen yang lebih maksimal dari masa sebelumnya yakni hanya 700 Kg, kini meningkat drastis menjadi 2000 Kg (2 Ton) setiap 4 bulan sekali. 

Atas dukungan dan investasi sosial dari PT Inalum, kelompok budidaya udang vaname Multazam mengucapkan ribuan terima kasih dan berharap agar PT Inalum terus berperan serta dalam mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya di Kabupaten Batu Bara.  

Editor : Mohd Fadly Pelka

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network