get app
inews
Aa Read Next : Grup Arisan Sosialita Sweet Ladies Santuni Anak Yatim

Insya Allah 6 Bulan Lagi Masuk Bulan Ramadhan 1444 Hijriah, Begini Keutamaanya

Rabu, 05 Oktober 2022 | 14:30 WIB
header img
Insya Allah 6 bulan lagi bulan Ramadhan 1444 Hijriah akan tiba. (Foto: Freepik)

ASAHAN, iNewsAsahanRaya.id - Insya Allah 6 bulan lagi bulan Ramadhan 1444 Hijriah akan tiba. Sementara saat ini adalah masuk bulan Rabiul awal 1444 Hijriah.

Jika dihitung menuju bulan Ramadhan maka 6 bulan lagi masuk bulan suci Ramadhan. Adapun urutan bulannya yakni Rabiul akhir, Jumadil awal, Jumadil akhir, Rajab, Syakban dan Ramadhan.

Mu'alla bin Al-Fadhl mengatakan: "Dulu para sahabat, selama enam bulan sebelum datang bulan Ramadhan, mereka berdoa agar Allah mempertemukan mereka dengan bulan Ramadhan. Kemudian, selama enam bulan sesudah Ramadhan mereka berdoa agar Allah menerima amal mereka selama bulan Ramadhan" (Lathaif Al-Ma'arif, hl, 264).

Adapun keutamaan bulan Ramadhan yakni:

1. Ramadan bulan diturunkannya Alquran

Di bulan yang mulia dan penuh berkah ini, ternyata adalah bulan di mana kitab suci Alquran diturunkan. Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa ta'ala dalam Surat Al Baqarah Ayat 185.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْه

Artinya: “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.” (QS Al Baqarah: 185)

2. Ramadan membelenggu setan-setan, menutup pintu neraka, membuka pintu surga

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pernah bersabda mengenai bulan Ramadan, yakni setan-setan dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup, dan pintu surga dibuka.

إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ

”Apabila Ramadan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.”

Mengenai hadis tersebut, Al Qodhi ‘Iyadh berkata:

Hadis di atas dapat bermakna terbukanya pintu surga dan tertutupnya pintu Jahannam dan terbelenggunya setan-setan sebagai tanda masuknya bulan Ramadan dan mulianya bulan tersebut.

Juga dapat bermakna terbukanya pintu surga karena Allah Subhanahu wa ta'ala memudahkan berbagai ketaatan pada hamba-Nya di bulan Ramadan seperti puasa dan sholat malam. Hal ini berbeda dengan bulan-bulan lainnya.

Di bulan Ramadan, orang akan lebih sibuk melakukan kebaikan daripada melakukan hal maksiat. Inilah sebab mereka dapat memasuki surga dan pintunya. Sedangkan tertutupnya pintu neraka dan terbelenggunya setan, inilah yang mengakibatkan seseorang mudah menjauhi maksiat ketika itu.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Asahanraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut