get app
inews
Aa Read Next : INALUM Dorong Penggunaan Energi Mandiri Pembangkit Listrik Tenaga Surya untuk Perikanan Darat

3 Bulan Ditahan Kerajaan Malaysia, 1 dari 6 Nelayan Batubara Dipulangkan

Minggu, 09 Juli 2023 | 17:45 WIB
header img
Foto, Kombes (purn) Ikhwan Lubis bersama Nanda nelayan Baru Bara. iNewsAsahanRaya.id/Fadly Pelka.

BATU BARA, iNewsAsahanRaya.id - Enam orang nelayan asal Kabupaten Batubara ditahan oleh Kepolisian Diraja Malaysia karena menangkap ikan hingga ke perbatasan Indonesia dan Malaysia. Satu di antara keenamnya berhasil dipulangkan ke Tanah Air dan kembali bertemu dengan keluarganya. Nelayan tersebut bernama Nanda (16) warga Desa Lalang, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara.

Pemulangan tersebut difasilitasi oleh mantan Kapolres Batubara, Kombes (purn) Ikhwan Lubis, selaku penasihat Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Sumut.

"Kami hanya memfasilitasi, yang mengurus HNSI Sumut. Karena saya dulu pernah di Polres Batubara, jadi saya tergerak melihat warga yang dulu saya ayomi tidak mendapatkan keadilan," kata Ikhwan, Kamis (6/7/2023).

Lanjutnya, Nanda merupakan satu dari enam nelayan yang diamankan oleh Kepolisian Diraja Malaysia, dan berhasil kembali ketanah air setelah ditahan selama tiga bulan.

"Dia bekerja ikut ayah dan abangnya. Mereka satu kapal ada enam orang. Hanya dia inilah yang dapat pulang ke Indonesia. Itupun tidak ada memegang uang, handphone diambil pihak Malaysia dan sendal pun dipinjamkan," ujar Ikhwan.

Nanda menjelaskan, dirinya pertama diamankan oleh Kemaritiman Malaysia yang kemudian langsung dibawa ke penjara.

Editor : Mohd Fadly Pelka

Follow Berita iNews Asahanraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut