get app
inews
Aa Read Next : Melalui Forum Konsultasi Publik, KPPN Berupaya Tingkatkan Kualitas Pelayanan

KPPN Gelar Press Release dan Award, Berikut Daftar Satker Peraih Penghargaan

Kamis, 19 September 2024 | 18:47 WIB
header img
Foto, Press Release APBN dan penyerahan Award bagi Satker berprestasi di KPPN Rantauprapat. iNewsAsahanRaya.id/ Fadly Pelka.

LABUHANBATU, iNewsAsahanRaya.id – Acara KPPN Award Triwulan II Tahun 2024 dan Press Release APBN di Aula KPPN Rantau Prapat pada Rabu (18/9/2024) berjalan dengan sukses. Acara itu dipimpin oleh Kepala KPPN Rantau Prapat, Puji Hartoyo, juga dirangkai dengan pembahasan beberapa isu penting terkait kinerja anggaran hingga Agustus 2024 serta penghargaan kepada satuan kerja berprestasi.

Dalam sambutannya, Puji Hartoyo menekankan pentingnya mematuhi pedoman langkah-langkah akhir tahun anggaran 2024 yang akan segera diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Tujuannya adalah untuk mencegah penumpukan pengeluaran di akhir tahun.

Pada sesi press release, Kepala KPPN Rantau Prapat memaparkan capaian APBN di wilayah kerjanya. Dari sisi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), satuan kerja di lingkup KPPN Rantau Prapat berhasil mengumpulkan Rp23,86 miliar. Salah satu satuan kerja yang mencatat realisasi PNBP signifikan adalah Kantor Pertanahan Labuhanbatu dengan angka yang mencapai Rp 8 miliar.

Di sisi belanja, pagu belanja negara yang dikelola oleh KPPN Rantau Prapat mencapai Rp3,51 triliun, dengan realisasi hingga Agustus 2024 sebesar Rp1,88 triliun atau 61,2% dari pagu. Realisasi ini terdiri dari belanja pemerintah pusat sebesar Rp370,7 miliar atau 63%, serta belanja Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) sebesar Rp1,79 trilliun atau61%.

Untuk belanja pemerintah pusat, realisasi terdiri dari belanja pegawai sebesar Rp203,5 miliar (67,7%), belanja barang sebesar Rp158 miliar (58,5%), dan belanja modal sebesar Rp9,2 miliar (60,5%).


Adapun realisasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa terdiri dari Dana Bagi Hasil sebesar Rp45,4 miliar (23,4%), Dana Alokasi Umum Rp1,24 triliun (67,5%), DAK Fisik Rp52,1 miliar (24%), Dana Insentif Daerah Rp7,1 miliar (50%), DAK Non Fisik Rp313 miliar (70,3%), serta Dana Desa Rp134 miliar (60,6%).

Pada sesi KPPN Award, diberikan penghargaan kepada satuan kerja berprestasi berdasarkan kategori nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) dan beberapa penghargaan lainnya.

Berikut daftar penerima penghargaan:

MTs Negeri 3 Labuhanbatu Utara, MTs Negeri 2 Labuhanbatu Utara, Pengadilan Negeri Rantau Prapat (nilai 100). Peringkat kedua, Kantor Kementerian Agama Labuhanbatu, peringkat 3 MA Negeri 2 Labuhanbatu Utara, dan harapan MA Negeri Labuhanbatu, MTs Negeri 1 Labuhanbatu, MA Negeri 1 Labuhanbatu Utara.

Kategori Pagu Sedang (Rp2 miliar - Rp10 miliar), peringkat pertama Pengadilan Negeri Rantau Prapat, Kemenag Kab. Labuhan Batu Selatan (nilai 100), peringkat kedua Kemenag Kab. Labuhanbatu, peringkat 3 Kejaksaan Negeri Labuhanbatu Selatan, dan harapan BPS Kab. Labuhanbatu Selatan, BPS Kab. Labuhanbatu Utara, Lapas Kelas III Labuhan Bilik.

Berikutnya kategori Pagu Besar (di atas Rp10 miliar) posisi pertama diraih Lapas Rantau Prapat, peringkat 2 Polres Labuhanbatu, peringkat 3 KPU Labuhanbatu Utara, harapan Polres Labuhanbatu Selatan, Kejaksaan Negeri Labuhanbatu, Kemenag Kab. Labuhanbatu Selatan.

Selain itu, penghargaan juga diberikan untuk Pengguna Kartu Kredit Pemerintah terbanyak diantaranya KPP Pratama Rantau Prapat, BPS Labuhanbatu Selatan, BPS Labuhanbatu Utara.

Penyelesaian Rekonsiliasi Eksternal Terbaik, Peringkat 1 dan 2 oleh Pengadilan Negeri Rantau Prapat, peringkat 3 oleh Kemenag Kab. Labuhan Batu. Penyampaian LPJ terbaik MTs Negeri 1 Labuhanbatu Utara, Pengadilan Agama Rantau Prapat, BPS Kab. Labuhan Batu Utara.

Satuan kerja terinteraktif, Kemenag Labuhanbatu Utara, UPP Leidong, MAN Labuhanbatu Selatan.

Puji pun berharap, acara KPPN Award dan Press Release ini diharapkan dapat mendorong kinerja yang lebih baik lagi di kalangan satuan kerja di wilayah KPPN Rantau Prapat, khususnya dalam mendukung optimalisasi pengelolaan APBN secara efektif dan efisien untuk mendukung pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. 

Dalam kesempatan itu, Kepala Lembaga Pemasyarakatan  Rantau Prapat, Batara Hutasoit, selaku peraih nilai 100 untuk kategori IKPA Pagu Besar, menyampaikan bahwa prestasi yang diraih merupakan hasil dari kerjasama yang baik antara pengelola keuangan di satuan kerjanya dan dukungan bimbingan dari KPPN Rantau Prapat.

Editor : Mohd Fadly Pelka

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut