Pujian Ganjar Pranowo Melihat Kerukunan Beragama di Asahan: Nilai Tersebut Penting untuk Dijaga

Royandi Hutasoit
Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo memberikan pujian terhadap kehidupan harmonis dan kerukunan beragama di Kota Kisaran Timur, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Foto: IG Ganjar

Ganjar Pranowo Merupakan Sosok yang Toleran

Ganjar Pranowo memang dikenal sebagai sosok yang sangat toleran. Hal tersebut dapat terlihat dari ketika dia menjabat menjadi Gubernur Jawa Tengah, juga dapat dilihat dari kunjungannya kepada tokoh-tokoh lintas agama dalam beberapa minggu terakhir. Salah satu contoh adalah ketika dia mengunjungi Keuskupan Tanjungkarang di Bandar Lampung.

Mantan anggota DPR RI tersebut menyampaikan bahwa Indonesia merupakan negara yang terdiri dari berbagai kelompok suku, ras, dan agama yang beragam. Oleh karena itu, penting untuk selalu merawat dan menjaga nilai-nilai Pancasila dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Ganjar sendiri menyatakan bahwa sikap toleransi beragama bukanlah hal baru bagi penduduk Nusantara. Tradisi saling menghormati dan menghargai perbedaan telah diperlihatkan sejak zaman nabi dan wali. 

"Keberagaman ini merupakan bagian dari takdir alam. Keragaman di Indonesia telah tertulis dalam takdir ilahi. Oleh karena itu, para ulama telah memberikan peringatan, prioritaskan etika dan tata krama sebelum menunjukkan pengetahuanmu," ungkapnya.

Ganjar menekankan bahwa banyak kisah yang memberikan pelajaran tentang sikap toleransi. Bahkan, untuk menunjukkan sisi kemanusiaan yang luar biasa, Rasulullah rutin memberi makan seorang nenek Yahudi tiga kali dalam seminggu, meskipun nenek tersebut selalu menyuarakan hal-hal buruk tentang Rasulullah.

"Sikap toleransi ini juga diperlihatkan oleh para wali di Nusantara. Sebagai contoh, Sunan Kudus melarang muridnya untuk menyembelih sapi sebagai bentuk penghormatan terhadap penganut agama Hindu," jelasnya.

"Perilaku untuk menghargai dan menghormati setiap individu, termasuk yang memiliki keyakinan berbeda, telah diwariskan oleh para pendahulu kita sejak dulu," tandasnya.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network