BNNK Labura Gelar Bimtek Bagi Penggiat P4GN

Fadly Pelka
Foto, BNNK Labura bersama pemateri P4GN dan peserta. iNewsAsahanRaya.id/ Fadly Pelka.

LABURA, iNewsAsahanRaya.id - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Labuhanbatu Utara menggelar Bimbingan Teknis untuk membentuk penggiat Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Acara ini ditujukan kepada lingkungan pendidikan di Labura dan pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Kegiatan ini berlangsung selama empat hari, dari 5 hingga 8 Agustus 2024.

Ketua Tim Seksi Pencegahan dan pemberdayaan masyarakat (P2M) Martha Helen Sihite, SKM saat dikonfirmasi iNews.id pada Kamis (8/8/2024) menjelaskan bahwa ini adalah program tahunan yang diadakan oleh BNNK. Dalam kegiatan ini, terdapat dua fokus utama. Pertama, pelatihan di lingkungan pendidikan, yang diikuti oleh guru bimbingan konseling dari SLTA se-Labura, dan kedua, pelatihan di lingkungan pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu.

"Ini adalah program rutin yang kita laksanakan setiap tahun. Kali ini ada dua lokasi yang kita buat, pertama di lingkungan pendidikan selama dua hari dengan sasaran guru bimbingan konseling SLTA sederajat se-Labura, kemudian di lingkungan pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu," ujarnya.

Martha menambahkan, kegiatan ini menghadirkan berbagai pemateri, termasuk Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Provinsi Sumatra Utara, Kapolres Labuhanbatu, dokter dari RSUD Aek Kanopan dan RSUD Rantauprapat, Dosen, Kadis Kominfo, Ketua Pengadilan Negeri Labuhanbatu, serta Ketua Yayasan Kemanusiaan dan Bantuan Hukum Rehabilitasi Pemakai Narkoba.

Para peserta diharapkan dapat menjadi perpanjangan tangan BNN dalam mencegah penyalahgunaan narkoba di lingkungan mereka masing-masing.

"Diharapkan juga kepada penggiat dapat melakukan fungsi sebagai penyuluh, konsultan, penggalang laporan masyarakat, fasilitator dalam melaksanakan upaya p4gn dengan prinsip kerja seperti kerja ikhlas (ketulusan hati) kerja keras (tak kenal menyerah), kerja cerdas (bertindak profesional dan proporsional) kerja berintegritas (jujur dan komitmen), kerja tuntas (ekonomis, efisien dan efektif)," jelasnya.

Salah satu peserta perwakilan Satpol PP Labuhanbatu, Bone Nastorius Lase mengaku kegiatan tersebut sangat bermanfaat. Hal ini pun akan ditindaklanjuti ke seluruh pegawai yang ada.

"Sangat bagus dan sangat membantu, kami bisa lebih paham dan mengerti apa itu narkoba, kami juga bisa mengerti jenis dan melihat jenisnya langsung waktu pihak polres menampilkannya. Ini akan disampaikan kami akan memberikan instruksi dan sosialisasi ke pegawai," pungkasnya.

Editor : Mohd Fadly Pelka

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network