Tingkatkan SDM Pegawai, KPPN Gandeng Jurnalis iNews TV di Pelatihan Jurnalistik

Randi Kurniawan
Foto, Pelatihan jurnalistik di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Rantau Prapat. iNewsAsahanRaya.id/ Randi Kurniawan.

LABUHANBATU, iNewsAsahanRaya.id – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Rantau Prapat menggelar pelatihan jurnalistik untuk memperkuat kemampuan pegawai dalam hal penulisan serta penyampaian informasi yang akurat dan efektif. Acara ini menghadirkan Randi Kurniawan, SH, seorang jurnalis dari iNews TV wilayah Labuhanbatu Selatan sebagai narasumber.

Kegiatan berlangsung pada Jumat (16/8/2024) dan diikuti seluruh pegawai KPPN.

Kepala KPPN Rantau Prapat, Puji Hartoyo, mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan bagian dari program capacity building yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan SDM dalam memproduksi konten jurnalistik berkualitas.

"Kegiatan ini bertujuan memperkuat kemampuan pegawai dalam penulisan, peliputan, dan penyampaian informasi secara akurat serta efektif. Langkah ini merupakan upaya strategis dalam memastikan SDM memiliki keterampilan yang memadai dalam mendukung keberhasilan komunikasi internal dan eksternal organisasi," ujarnya.

Puji menekankan pentingnya kemampuan menulis bagi seluruh pegawai KPPN dalam mendukung komunikasi internal dan eksternal organisasi. Menurutnya, pelatihan ini juga sebagai langkah strategis untuk memastikan SDM memiliki keterampilan yang memadai dalam komunikasi profesional.

Puji juga mengapresiasi materi yang disampaikan, dengan harapan pelatihan ini dapat memperbaiki kualitas komunikasi di lingkungan KPPN.

"Tentu sangat bermanfaat bagi kami, jadi gini loh ternyata cara menulis yang baik, jurnalistik sebenarnya seperti ini. Harapan kita pegawai bisa membuat tulisan juga, kan ada itu website KPPN. Kami sangat berterima kasih kepada bang Randi atas kehadirannya, penuh tantangan ternyata menjadi seorang jurnalis itu," sebutnya.

Randi Kurniawan menjelaskan bahwa materi pelatihan mencakup dasar-dasar jurnalistik, seperti pengertian dan jenis jurnalistik, prinsip-prinsip dasar jurnalistik, teknik wawancara, jenis berita, serta etika jurnalistik. Ia juga menambahkan bahwa pelatihan ini lebih banyak berfokus pada pemahaman struktur penulisan berita seperti 5W 1H (What, Who, When, Where, Why, How).

Selama pelatihan peserta menunjukkan antusiasme yang tinggi dengan interaksi yang aktif.

"Setiap slide yang disampaikan itu mereka sangat antusias, banyak bertanya sehingga pemahaman materi menjadi lebih baik. Ini kali pertama saya jadi narasumber alhamdulillah berjalan dengan baik. Saya juga berterima kasih terutama dengan Kepala KPPN, semoga kita terus bersinergi kedepannya," pungkasnya.

Editor : Mohd Fadly Pelka

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network