get app
inews
Aa Read Next : Presiden FIFA dan Ketum PSSI Main Fun Football Cermin Tidak Peka Tragedi Kanjuruhan

Nasib Pesepakbola 1980-an Jadi Tukang Sapu Lapangan Bola, Minta Erick Thohir Buat Program Anak-Anak

Rabu, 12 Juli 2023 | 11:11 WIB
header img
Sangat menyedihkan melihat seorang mantan pemain bola era tahun 1980-an dari Klub Persatuan Sepak Bola Aceh Pidie (PSAP), M. Junaidi. Foto: Jamalpangwa

BANDA ACEH.iNews.id - Sangat menyedihkan melihat seorang mantan pemain bola era tahun 1980-an dari Klub Persatuan Sepak Bola Aceh Pidie (PSAP), M. Junaidi, yang akrab dipanggil Bang Yon kini bernasib sebagai tukang sapu lapangan bola di Kecamatan Trienggadeng, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh.

Meski demikian Bang Yon berharap kepada Ketua Umum PSSI Erick Thohir dapat mengembangkan dan memberi kesempatan kepada bibit muda di daerah berkembang. 

Bang Yon atau Yoyon, pernah menjadi pelatih Ranjau FC pada tahun 1994. Dia memiliki sejumlah prestasi dan juga pernah melatih tim K-Liga Pertama pada tahun 2008.

Ia juga pernah melatih tim Popda untuk Pidie Jaya, yang diadakan di Aceh Selatan, serta membawa Pidie Jaya ke Porda Bireun. Terakhir, dia melatih Pidie Jaya di Pora Banda Aceh.

Selama karirnya, M. Junaidi berhasil mengorbitkan banyak pemain muda menjadi pemain profesional, seperti Zulkarnain Lubis, mantan pemain Persiraja dan PSMS Medan; Dody, PSP Padang; Zulfan, Persimura.

Ramadhan, Ibnu Abbas, dan Nazaruddin pernah membela PSAP Sigli dalam kejuaraan nasional, dan masih banyak pemain lain yang berhasil dikembangkan oleh Bang Yon saat itu.

Meskipun nasibnya yang menyedihkan, sekarang dia menjadi tukang sapu lapangan bersama istri tercintanya di Lapangan Bola Trienggadeng ketika ada turnamen. Semua ini dilakukan atas inisiatif sendiri demi kemajuan sepakbola.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Asahanraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut