get app
inews
Aa Read Next : RY Akan Laporkan Ketua KPU Labuhanbatu ke DKPP

Realisasikan Pemilu Transparan, Ketua DKPP Berharap Media Terlibat Secara Aktif

Sabtu, 09 September 2023 | 15:55 WIB
header img
Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Heddy Lugito. Foto: Humas DKPP

MEDAN, iNews.id - Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Heddy Lugito, mengharapkan peran aktif media dalam mencapai kesuksesan Pemilu 2024.

"Sangat penting bagi media untuk memberikan pendidikan politik dan demokrasi kepada masyarakat. Media dapat memberikan pandangan positif kepada masyarakat mengenai isu-isu negatif yang dapat mengganggu atau merusak proses pemilu," kata Heddy, seorang sarjana dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro, ketika berkunjung ke kantor media di Medan, Sumut, baru-baru ini.

Heddy juga menyatakan bahwa politik uang masih menjadi masalah di masyarakat saat ini, dan pemahaman tentang bahayanya politik uang masih sangat terbatas. Selama ini, pengawasan terhadap praktik politik uang dan pelanggaran pemilu dilakukan oleh Bawaslu dan DKPP.

"DKPP tidak memiliki wewenang untuk melakukan tindakan hukum, termasuk penangkapan. DKPP hanya dapat mengadakan sidang untuk kasus pelanggaran yang dilakukan oleh penyelenggara pemilu. Bahkan itu pun harus didasarkan pada pengaduan dari masyarakat atau pihak yang terkait dengan pemilu," ujar Heddy, mantan Pemimpin Redaksi Majalah Gatra.

Dengan keterbatasan wewenang DKPP tersebut, Heddy menekankan betapa pentingnya peran aktif media dalam memberikan pencerahan, pendidikan, dan solusi terhadap permasalahan yang muncul selama pelaksanaan pemilu.


 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut