get app
inews
Aa Read Next : PT Inalum Dukung Perkembangan Hutan Mangrove

Wisata Sawah Sei Raja Binaan PT Inalum, Terus Berkembang

Selasa, 20 Februari 2024 | 12:15 WIB
header img
Foto, Wisata Sawah Sei Raja Binaan PT Inalum, Terus Berkembang. iNewsAsahanRaya.id/Fadly Pelka.

BATU BARA, iNewsAsahanRaya.id - Wisata Sawah Sei Raja yang berada di Kabupaten Batu Bara terus mendapat perhatian dan dukungan dari PT Inalum, dukungan pembangunan wisata sawah pun terus bergulir mulai dari pembangunan gubuk/pembangunan wahana spot jembatan foto dan wahana lainnya.

Posisi Wisata Sawah Sei Raja terletak tepat ditengah-tengah sawah dimana pengunjungnya dapat menikmati pemandangan yang hijau, dan tiupan angin yang memanjakan diri hingga berasa tak ingin beranjak dari lokasi wisata tersebut.

Wisata Sawah Sei Raja berada di Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

Wisata Sawah Sei Raja merupakan salah satu desa wisata, yang menjadi binaan PT Inalum, pembinaan ini sudah berlangsung sejak awal berdirinya wisata sawah raja pada tahun 2021 lalu, PT Inalum membangun sebuah gubuk yang dilengkapi alat tenun kain songket khas melayu batu bara, dimana warga dan pengunjung tidak hanya dapat menikmati susana yang tenang dan sepoinya angin, namun mereka juga dapat belajar menggunakan alat tenun tradisional yang merupakan keterampilan turun temurun dari nenek moyang.

Melihat potensi Wisata Sawah Sei Raja semakin viral dan digemari banyak pengunjung, pada tahun 2022 PT Inalum kembali membangun beberapa gubuk diantaranya, gubuk etnis karo dan pendopo patemon dengan daya tampung 50 orang dan dilanjutkan dengan study banding untuk pengurus Bumdes di luar kota untuk pemantapan ilmu wisata. Pada tahun 2023 PT Inalum melanjutkan pembangunan wisata sawah dengan membangun wahana spot jembatan foto dan jalan wisata dilanjutkan dengan pengadaan gerobak dan tenda umkm. sehingga warga dapat berjualan dan dapat meningkatkan umkm warga setempat.

Pada tahun 2024 ini PT Inalum akan melanjutkan programnya di Desa Sei Raja dengan mengadakan Koperasi Petani Desa Sei Raja atau disebut Koperasi Raja, guna membantu para petani dalam hal permodalan usaha tani, sehingga di tahun 2025 mendatang Wisata Sawah Sei Raja sudah menjadi Wisata Sawah Raja Inklusif.

Sementara itu mewakili warganya Kades Sei Raja Wahid mengatakan, sangat berterima kasih kepada PT Inalum yang telah mendukung pembangunan Wisata Raja, baik secara materil maupun moril dan berharap agar dukungan ini terus berlanjut hingga menjadi wisata raja inklusif.

Editor : Mohd Fadly Pelka

Follow Berita iNews Asahanraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut