get app
inews
Aa Read Next : PT Inalum Gelar Sosialisasi Anak Berkebutuhan Khusus

PT Inalum Dukung Perkembangan Hutan Mangrove

Rabu, 06 Maret 2024 | 13:13 WIB
header img
Foto, PT Inalum Dukung Perkembangan Hutan Mangrove. iNewsAsahanRaya.id/Fadly Pelka.

BATU BARA, iNewsAsahanRaya.id -  Kelompok Tani Cinta Mangrove yang merupakan binaan PT Inalum mendapat kunjungan dari Direktorat Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia dan Aktivis Lingkungan Hidup Lord Zac Goldsmith Asal Inggris.

Direktorat Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Bambang Suprianto dan Aktivis Lingkungan Hidup sekaligus mantan Mentri Lingkungan Hidup dan Iklim, Lord Zac Goldsmith asal Inggris mengunjungi Kelompok Tani Cinta Mangrove, sekaligus melakukan penanaman mangrove secara simbolis sebagai bentuk kepedulian dan cinta lingkungan tepatnya di lokasi Wisata Pantai Sejarah, Kecamatan Lima Puluh Pesisir, Batu Bara.

Tidak hanya itu Suprianto bersama Lord Zac Goldsmith didampingi Senior Vice President CSR Inalum Daniel Hutauruk beserta rombongan juga meninjau langsung proses pembibitan mangrove jenis Rizhofora SP sebanyak 30.000 pohon, dan nantinya akan ditanam di lahan seluas 1600 M² yang terletak di Desa Perupuk dan Desa Gambus Laut

Pohon mangrove merupakan tumbuhan yang dapat menyerap karbondioksida yang diketahui dapat merusak lapisan ozon dan mampu memberikan kontribusi oksigen dan kontribusi besar terhadap perubahan iklim. Pohon mangrove juga dapat membantu kelestarian biota laut, dimana biota laut lainnya dapat berpindah tempat di lokasi hutan mangrove.

Azizi selaku Ketua Kelompok Tani Cinta Mangrove mengatakan bahwa saat ini ada 456 hektare lahan yang dikelola oleh Kelompok Tani Cinta Mangrove selama 35 tahun kedepan. Sejauh ini PT Inalum mulai tahun 2015 sampai saat ini terus memberikan kontribusi perbaikan lingkungan terutama hutan mangrove, Selasa (05/02/2024).

Sehingga kedepan diharapkan selain menjadi wisata mangrove, hutan mangrove ini juga diharapkan dapat menjadi wisata edukasi. Sehingga dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat betapa besarnya manfaat hutan mangrove bagi kehidupan.

Sementara itu daniel hutauruk selaku Senior Vice President CSR Inalum mengatakan, PT Inalum akan terus mendukung perkembangan hutan mangrove baik secara moril maupun materil, sehingga masyarakat dapat menikmati keindahan hutan mangrove yang saat ini sudah menjadi wisata mangrove. Salah satu pembangunan untuk mendukung wisata mangrove PT Inalum sudah mendirikan menara pandang yang dapat digunakan untuk megawasi burung yang bermigrasi dan dapat digunakan untuk mengawasi area yang perlu diperbaiki dari hutan mangrove tersebut.

Editor : Mohd Fadly Pelka

Follow Berita iNews Asahanraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut