get app
inews
Aa Read Next : Warga Sudah Muak Aksi Begal dan Geng Motor, Dukung Usulan Bobby Nasution Tembak Mati!

Warga Dilarang Main Skuter dan Otoped di Kawasan Lapangan Merdeka, Ini Alasan Satlantas Polrestabes

Selasa, 12 Juli 2022 | 13:24 WIB
header img
Larangan warga pengguna skuter, otoped bermain di seputaran kawasan Lapangan Merdeka Medan dan jalan raya lainnya diterbitkan Satuan Lalulintas (Satlantas) Polrestabes Medan. (Foto: Lyft)

MEDAN,InewsAsahanraya.id - Larangan warga pengguna skuter, otoped bermain di seputaran kawasan Lapangan Merdeka Medan dan jalan raya lainnya diterbitkan Satuan Lalulintas (Satlantas) Polrestabes Medan

Sanksi akan diberikan bila masih ada pengguna skuter yang  masih bermain di seputaran kawasan Lapangan Merdeka.

Kasat Lantas Polrestabes Medan, AKBP Sonny Siregar mengatakan larangan ini berawal dari banyaknya warga pengguna jalan yang resah. Menanggapi itu, Satuan Lalulintas (Satlantas) Polrestabes Medan  langsung turun ke lokasi dan melarang penggunaan skuter tersebut di kawasan Lapangan Merdeka. 

Selain itu kata AKBP Sonny Siregar menjelaskan, penggunaan skuter maupun otoped di jalan raya tidak diatur dalam UU nomor 22 tahun 2009. Dia menjelasakan Keberadaan skuter listrik maupun otoped dan lain sebagainya diatur di dalam Peraturan Menteri Perhubungan RI nomor 44 tahun 2020 tentang kendaraan tertentu. 

"Kami informasikan dasar hukum penggunaannya tidak diatur di dalam UU no 22/2009 tentang lalulintas dan angkutan jalan raya," kata AKBP Sonny dalam keterangan yang dikutip dari akun Instagram Satlantas Polrestabes Medan, Selasa (12/7).

Kendaraan tertentu yang dimaksud dalam peraturan menteri itu seperti skuter listrik, sepeda listrik, Hoverboard dan otoped. "Pengoperasian kendaraan tertentu ada di lajur khusus atau kawasan tertentu, bukan di jalan raya," jelasnya. 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Asahanraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut